Apa itu produk digital ?
Produk digital atau e-produk adalah produk dengan wujud bukan fisik atau biasanya berbentuk elektronik yang biasanya diperjual-belikan secara online melalui media internet.

Apa saja jenis produk digital ?

1.Ebook


Belakangan ini produk buku digital/ebook sangat populer sekali dikalangan  millenial masa kini. Konten Ebook sama dengan buku konvensional/buku fisik hanya saja penyajiannya lewat digital bisa berupa pdf, exe, atau file lainnya.
Biasanya produk ebook yang dijual berupa ebook tentang marketing, ebook tutorial seperti tutorial desain grafis, dan banyak tipe ebook lainnya.
Ebook yang diperjualbelikan pasti punya konten yang bagus dan bermanfaat.
Kelebihan ebook ini adalah kamu bisa membaca dengan mudah dari berbagai plattform baik melalui smartphone maupun laptop/PC. Kamu juga bisa membacanya dengan mudah dimanapun tanpa kerepotan membawanya. 
Misal kamu membeli 10 ebook digital kamu hanya memerlukan sebuah smartphone untuk membacanya, bandingkan jika kamu membawa buku fisik pasti kamu kesulitan membawanya. Jadi produk digital ebook adalah bentuk praktis dari buku fisik.

2. Kursus online


Kursus online juga termasuk produk digital yang banyak diperjualbelikan. 

Apa kelebihan dari kursus online daripada kursus di tempat/kursus 
biasa ?
Sama-sama kursus tapi punya perbedaan. Untuk kursus online kamu bisa melakukannya dimana saja bahkan kapan saja. Kamu juga bisa mengakses ulang informasi dari kursus online.
Banyak kursus online yang tersedia seperti kursus komputer/IT, kursus progammer, kursus menulis, kursus internet marketing dan kursus lainnya. Satu hal yang pasti kursus-kursus berbayar tersebut membantu anda memiliki skill/keterampilan baru atau mengembangkan skill yang anda punya.

3. Video


Banyak sekali jenis video yang diperjualbelikan dan menjadiproduk digital. Video-video yang diperjualbelikan biasanya berupa video tutorial, video mengenai pelajaran, dan video lainnya. Keuntungan membeli produk digital berupa video anda lebih mudah mempraktekkannya karean disajikan dengan tampilan dan audionya.

4.Aplikasi/software

Aplikasi/software juga merupakan produk digital yang sering diperjualbelikan. Aplikasi yang diperjualbelikan biasanya berupa aplikasi yang membantu penggunanya mengerjakan sesuatu.
Contohnya seperti aplikasi raport excel yang membantu guru untuk membuat raport, aplikasi toko online yang membantu pengusaha untuk jualan.
Aplikasi yang diperjualbelikan biasanya berupa aplikasi seluler/mobile, aplikasi berbasis web, dan aplikasi berbasis laptop.

5. Audio dan musik

Audio adalah media yang kuat untuk mengkomunikasikan pesan, dan ada banyak jenis produk audio digital. Orang-orang membayar untuk trek audio yang menghibur mereka, menenangkan mereka, memberitahu mereka, menginspirasi mereka, dan membantu mereka mencapai sasaran bisnis.  Produk audio dapat meliputi:

Rekaman perkuliahan
Sampel musik
Audiobook
Pelajaran bahasa asing
Musik relaksasi
Efek suara yang dapat digunakan kembali
Lagu berlirik atau musik instrumental
Audio bebas hak cipta/bebas copyright
Audio affirmasi dan sugesti
Dan audio lainnya

6.jasa

Jasa, tentu saja bukan produk sama sekali. Namun, layanan ini sangat umum dijual dengan cara yang sama dengan produk digital. 

Sekarang ini, semua jenis penyedia layanan memilih untuk menjual layanan mereka secara online. Ini adalah segmen lain dari produk digital yang tengah mendapat sorotan. Di bawah ini merupakan daftar singkat beberapa profesi yang bisa menjual layanan online:

Desainer grafis
Desainer webCopywriter
Penerjemah
Konsultan
Pelatih kebugaran
Profesional hukum dan jasa lainnya

7.Template


Ada produk digital yang berupa template. Apa itu template ? Template adalah file yang bisa diedit dan digunakan untuk aplikasi tertentu. Contohnya seperti template photoshop dan corel berupa file corel yang bisa diubah warna dan tulisannya. Contoh lainnya adalah template video yang bisa digunakan untuk mengedit video.

Saya merekomendasikan anda untuk membeli produk digital. 
Ada beberapa alasan kenapa saya merekomendasikannya untuk anda :
*Anda bisa mengakses dimana saja 
 dan kapan saja tanpa batasan waktu
 dan tempat
*Anda bisa menggunakannya seumur
 hidup dan ada beberapa produk digital
 yang hanya perlu sekali bayar saja
*Mendapatkan informasi lebih cepat
 Contohnya jika anda ingin mengikuti
 kursus biasa pasti ada jadwalnya
 Sedangkan kursus digital bisa anda
akses setelah anda melakukan pembayaran
Praktis bukan ?



Nah, blog reviewkan100.blogspot.com ini berisi rekomendasi produk digital yang bisa kamu beli dan kamu manfaatkan.